Perkuat SDM Desa, Sekda Minahasa Lynda Watania Tekankan Vitalitas Peran Sekretaris Desa

Sekda Minahasa Dr Lynda D Watania MM MSi.(Foto:Dok/istimewa)

INTANANEWS.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Dr. Lynda D. Watania, MM, M.Si, menekankan pentingnya peran vital Sekretaris Desa (Sekdes) sebagai ujung tombak penggerak program dan pelayanan publik di tingkat desa.

Hal ini disampaikan Sekda saat membuka kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Tahun 2025 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa di Hotel Yama Tondano, Senin (1/12/2025).

Menurut Sekda Watania, fokus penguatan sumber daya manusia (SDM) tidak hanya berhenti di tingkat kabupaten, tetapi harus menjangkau hingga ke tingkat desa.

Hal ini sejalan dengan harapan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa agar para Sekdes memperoleh penguatan kapasitas dan kompetensi.

“Peran Sekdes sangat vital karena seluruh unsur penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan membutuhkan keterlibatan Sekdes,” ujar Sekda.

Foto bersama usai kegiatan.(Foto:Dok/istimewa)

Sekda menambahkan bahwa Sekretaris Desa adalah figur terdepan yang bertugas menggerakkan dan mengoordinasikan seluruh program pemerintahan desa. Ia juga berperan penting dalam menggali potensi dan sumber daya di wilayah masing-masing.

“Mereka adalah figur penting di desa agar mampu bersaing dengan desa lain dan menjadi lebih maju. Oleh sebab itu, peningkatan kompetensi SDM Sekretaris Desa sangatlah penting dan wajib dilakukan,” tegasnya.

Kepala Dinas PMD Minahasa Drs. Arthur Palilingan, yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Recky Wowor, SSTP, MAP, menjelaskan bahwa kegiatan fasilitasi ini merupakan proses krusial untuk mewujudkan tertib administrasi desa.

Dalam laporannya, Wowor menyebutkan bahwa tertib administrasi mencakup pencatatan data umum, kependudukan, keuangan, pembangunan, hingga berbagai sektor lain yang menjadi dasar penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Bagi perangkat desa, kiranya dapat menyediakan data yang akurat untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, perlu menetapkan sistem pencatatan yang standar untuk seluruh data dan informasi desa,” kata Wowor.

Kegiatan Fasilitasi Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa Tahun 2025 ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola administrasi desa sekaligus meningkatkan profesionalitas Sekretaris Desa dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

Acara pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Riviva W. Maringka, Kepala Bagian Organisasi Dra. Novarita T. Supit, M.Si, para Camat, serta sejumlah Sekretaris Desa se-Kabupaten Minahasa. (nes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *